BerandaFinansialTips Mudah Investasi Saham Bagi Pemula

Tips Mudah Investasi Saham Bagi Pemula

Author

Date

Category

Halo calon investor muda! Selamat datang di Huniankita.co.id dan selamat belajar..

Sebelum lebih lanjut ngomongin saham, perlu diketahui dahulu apa pengertian tentang saham ya gengs. Saham adalah salah satu jenis investasi terbaik yang kini mulai banyak digandrungi anak muda sekarang.

Sebagaimana dalam UU Perusahaan Terbatas No 40 definisi Perseroan Terbatas, yang selanjutnya disebut Perseroan, adalah badan hukum yang merupakan persekutuan modal, didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Undang-Undang ini serta peraturan pelaksanaannya.

Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Data Bursa Efek Indonesia menunjukkan bahwa jumlah investor saham yang aktif di bursa hanya mencapai 97,688. Jumlah yang sangat amat sedikit dibandingkan jumlah penduduk di Indonesia.

Bahkan mencapai 100 ribu investor saham saja belum ada di Indonesia.

Sepertinya memang belum banyak literasi dan pelatihan tentang cara bermain saham di Indonesia. Tapi tidak apa-apa, mari kita belajar bersama disini.

Banyak anak muda sekarang sangat tertarik dengan saham karena iming-iming hasil investasinya yang menggiurkan. Yang pasti kalau dijalaknan dengan baik, maka banyak keuntungannya juga gengs seperti berlatih melihat potensi pasar, belajar menabung, menginvestasikan keuangan untuk masa depan dan lain sebagainya.

Ngomong-ngomong tentang saham, saham juga ada 2 jenis loh yaitu ada saham biasa dan saham preferen.

  • Saham biasa

Investor dapat mengklaim kepemilikan semua aktiva dan keuntungan milik perusahaan, sementara pemegang saham memiliki kewajiban terbatas. Apabila perusahaan pailit atau menghadapi risiko lainnya, kerugian maksimum yang ditanggung investor sebatas besaran investasi sahamnya di perusahaan tersebut saja (Perusahaan Terbatas).

  • Saham preferen

Yaitu saham yang menggabungkan obligasi (surat utang) dengan saham biasa. Keuntungannya, saham ini dapat memberikan pendapatan tetap seperti halnya bunga obligasi.

Lalu dimana kalau kita mau membeli saham? Jawabannya adalah di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Bursa Efek Indonesia adalah perusahaan yang menyediakan infrastruktur untuk mendukung terselenggaranya perdagangan efek yang teratur, wajar, dan efisien serta mudah diakses oleh seluruh pemangku kepentingan (stakeholders).

Sebelum ke langkah-langkah membeli saham, ada tips buat kamu agar lebih bijak dalam memilih. Simak penjelasannya ya..

Pertama, Siapkan besaran modal yang akan kamu persiapkan untuk membeli saham.

Kedua, cari beberapa perusahaan dan pelajari tren kenaikan dan penurunan nilai saham dalam beberapa bulan terakhir.

Ketiga, alokasikan dana tersebut ke beberapa tempat investasi. Tujuannya adalah mengoptimalkan keuntungan dan meminimalisir resiko pasar. Diversifikasi sangat berguna untuk menjaga kestabilan aset Anda.

Mengingat saham merupakan investasi jangka panjang, jadi konsisten dan bersabarlah menunggu hasilnya ya!

Ingat jangan membeli saham hanya karena ikut-ikutan. Hehehe

Recent posts

Recent comments