7 Kiat Agar Suami Tidak Pindah Ke Lain Hati

0
426

Memiliki suami idaman adalah dambaan setiap wanita pada umumnya. Berdampingan dengan pasangan yang terbaik yang mampu membimbing dirinya dalam urusan dunia akherat menjadi tujuan hidup yang selalu di damba-dambakan. Namun apa jadinya jika suami dambaan yang sudah di miliki kemudian mulai menunjukan tanda-tanda berpaling.

Hati-hati, jangan sampai itu terjadi. Segera introspeksi diri yang saling berbenah agah keharmonisan rumah tangga kembali tertata. Lalu upaya apa yang dapat di maksimalkan oleh seorang istri agar suami tidak mudah berpaling dari dirinya. Berikut kami rangkumkan uraiannya untuk anda.

1- Istri serius mendalami agama.

Jika seorang  istri mempelajari agama dengan baik, ia akan menjadi baik, pastinya ia akan dapat memberi pengaruh besar dalam mengarahkan suami untuk semakin takut kepada Allah hingga dirinya tidak selingkuh ke lain hati. Karena sejatinya, perilaku agamis pada diri seorang istri adalah solusi dari sekian banyak masalah dalam rumah tangga.

Dan ingatlah bahwa wanita yang baik pasti mendapatkan laki-laki yang baik,

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ

“Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula).” (QS. An-Nuur: 26)

2- Taat kepada suami selama dalam kebaikan.

Setiap suami pasti menyenangi pasangan yang taat dan mendengarkan ketika diarahkan. Sehingga wajib bagi para istri untuk mendengarkan dan taat pada setiap arahan kebaikan dari suaminya terlebih lagi jika itu adalah urusan agama dan kebaikan bagi istri itu sendiri.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata,

قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ النِّسَاءِ خَيْرٌ قَالَ الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ

Pernah ditanyakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Siapakah wanita yang paling baik?” Jawab beliau, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci.” (HR. An-Nasa’i, no. 3231 dan Ahmad, 2:251. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

Dari penjelasan ini mengisyaratkan bahwa paras yang cantik saja tidak cukup. Sebab jika secara fisik dia cantik tapi dari segi akhlak dia banyak membangkan maka itu dapat menjadi pemicu seorang suami berpaling pada wanita lain.

3- berdandan di hadapan suami tercinta.

Fenomena terbalik yang banyak terjadi dalam kehidupan kita adalah, para wanita berhias justru ketika hendak keluar rumah saja. Akan tetapi ketika bersanding denga suaminya dia acuh dengan penampilan dirinya. Cobalah simak bagaimana para wanita berikut ini berhias di dalam rumahnya.

Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata,

كُنَّا نِسَاؤُنَا يَخْتَضَبْنَ بِاللَّيْلِ فَإِذَا أَصْبَحْنَ فَتَحْنَهُ فَتَوَضَّأْنَ وَصَلَّيْنَ ثُمَّ يَخْتَضَبْنَ بَعْدَ الصَّلاَةِ ، فَإِذَا كَانَ عِنْدَ الظُّهْرِ فَتَحْنَهُ فَتَوَضَّأْنَ وَصَلَّيْنَ فَأَحْسَنَّ خِضَابًا وَلاَ يَمْنَعُ مِنَ الصَّلاَةِ

“Istri-istri kami punya kebiasaan memakai pewarna kuku di malam hari. Jika tiba waktu Shubuh, pewarna tersebut dihilangkan, lalu mereka berwudhu dan melaksanakan shalat. Setelah shalat Shubuh, mereka memakai pewarna lagi. Ketika tiba waktu Zhuhur, mereka menghilangkan pewarna tersebut, lalu mereka berwudhu dan melaksanakan shalat. Mereka mewarnai kuku dengan bagus, namun tidak menghalangi mereka untuk shalat.” (HR. Ad-Darimi, no. 1093. Syaikh Abu Malik menyatakan bahwa sanad hadits ini shahih dalam Shahih Fiqh As-Sunnah li An-Nisa’, hlm. 419).

Selain berhias, pastikan untuk tidak terbiasa menolak ajakan suami ketika dia membutuhkan dirinya. Sebab kebutuhan biologis menjadi faktor besar bagi para suami terhadap pandangan cintanya pada pasanganya. Maka menolak dapat berdampak buruk bagi seorang istri.Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا دَعَا الرَّجُلُ امْرَأَتَهُ إِلَى فِرَاشِهِ فَأَبَتْ أَنْ تَجِىءَ لَعَنَتْهَا الْمَلاَئِكَةُ حَتَّى تُصْبِحَ

“Jika seorang pria mengajak istrinya ke ranjang, lantas si istri enggan memenuhinya, maka malaikat akan melaknatnya hingga waktu Shubuh.” (HR. Bukhari, no. 5193 dan Muslim, no. 1436).

4- Qanaah terhadap pemberian suami

Karena ridha pada pemberian suami akan membuat seorang istri rajin bersyukur, suami pun akhirnya ridha padanya. Ingatlah bahwa sebab wanita banyak yang masuk neraka karena kurang bersyukur pada pemberian suami sebagai disebutkan dalam hadits dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

وَرَأَيْتُ النَّارَ فَلَمْ أَرَ كَالْيَوْمِ مَنْظَرًا قَطُّ وَرَأَيْتُ أَكْثَرَ أَهْلِهَا النِّسَاءَ. قَالُوا: لِمَ يَا رَسُوْلَ اللهِ؟ قَالَ: بِكُفْرِهِنَّ. قِيْلَ: يَكْفُرْنَ بِاللهِ؟ قَالَ: يَكْفُرْنَ الْعَشِيْرَ وَيَكْفُرْنَ اْلإِحْسَانَ، لَوْ أَحْسَنْتَ إِلىَ إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ، ثُمَّ رَأَتْ مِنْكَ شَيْئًا قَالَتْ: مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ

“Dan aku melihat neraka. Aku belum pernah sama sekali melihat pemandangan seperti hari ini. Dan aku lihat ternyata mayoritas penghuninya adalah para wanita.” Mereka bertanya, “Kenapa para wanita menjadi mayoritas penghuni neraka, ya Rasulullah?” Beliau menjawab, “Disebabkan kekufuran mereka.” Ada yang bertanya kepada beliau, “Apakah para wanita itu kufur kepada Allah?” Beliau menjawab, “(Tidak, melainkan) mereka kufur kepada suami dan mengkufuri kebaikan (suami). Seandainya engkau berbuat baik kepada salah seorang istri kalian sepanjang waktu, kemudian suatu saat ia melihat darimu ada sesuatu (yang tidak berkenan di hatinya) niscaya ia akan berkata, ‘Aku sama sekali belum pernah melihat kebaikan darimu’.” (HR. Bukhari, no. 5197 dan Muslim, no. 907).

Maka sesedikit apapun rizki yang telah suami jemputkan untuk mereka, pastikan seorang istri menyambutnya dan menerimanya dengan penuh rasa syukur. Mendoakan keberkahan jangan pernah menunjukan rasa kecewa pada suami.

5- Perbanyak tinggal di rumah demi keluarga.

Satu yang jangan terbiasa dilakukan, yaitu hobi keluar rumah pada urusan-urusan yang tidak perlu. Terlebih lagi ketika suami tidak ada di rumah. Karena wanita terbaik adalah yang lebih banyak menetap di rumah.

Allah Ta’ala memerintahkan wanita agar banyak menetap di rumah,

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَى

“Dan tinggallah kalian di dalam rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berdandan sebagaimana dandan ala jahiliah terdahulu.” (QS Al-Ahzab: 33).

Maka jika seorang wanita hobi keluar rumah, ditambah dengan mengumbar auratnya, parahnya lagi disaat suami pulang dari kerjanya tidak didapati pasanganya ada dirumahnya, otomatis ini dapat memicu kekecewaan besar dan memicu pada niatan untuk berpaling pada wanita lain, sebagai imbas dari kekecewaan yang berlarut larut.

Dari Abdullah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ الْمَرْأَةَ عَوْرَةٌ، وَإِنَّهَا إِذَا خَرَجَتْ مِنْ بَيْتِهَا اسْتَشْرَفَهَا الشَّيْطَانُ فَتَقُولُ: مَا رَآنِي أَحَدٌ إِلا أَعْجَبْتُهُ، وَأَقْرَبُ مَا تَكُونُ إِلَى اللَّهِ إِذَا كَانَتْ فِي قَعْرِ بَيْتِهَا”

“Sesungguhnya perempuan itu aurat. Jika dia keluar rumah maka setan menyambutnya. Keadaan perempuan yang paling dekat dengan wajah Allah adalah ketika dia berada di dalam rumahnya.” (HR. Ibnu Khuzaimah, no. 1685. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Dan itulah 5 hal yang sebaiknya diperhatikan bagi setiap istri agar pasangannya selalu setia pada dirinya dan terjauhkan dari kemungkinan berpaling pada wanita lain. Sampai jumpa di video selanjutnya, Semoga video ini bermanfaat, jangan lupa like dan share kepada saudara kita yang lain, agar semakin tersebar manfaat dari video ini. Wass … salam hunian kita, wujudkan impian jadi nyata

Lihat Video Terkait Artikel Ini :

Sumber https://rumaysho.com/17062-agar-si-dia-tidak-pindah-ke-lain-hati.html

Hunian Kita

Wujudkan Impian Jadi Nyata