Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga di Kala Pandemi

0
376

Masa-masa pandemi yang entah kapan berakhirnya ini, kita perlu persiapan keuangan yang extra agar tetap bisa bertahan. Tapi bagaimanakah mengelola keuangan rumah tangga yang efektif dan efisien.

Coba baca tips dan triknya dibawah ini ya teman-teman..

1. Buat Daftar Pengeluaran

Membuat daftar pengeluaran bisa menjadi salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga terbaik yang dapat dilakukan.

Dengan menggunakan daftar ini, kamu bisa mengetahui rincian pembelanjaan berbagai barang kebutuhan yang nantinya bisa digunakan untuk menentukan seberapa banyak uang yang dihabiskan setiap bulannya.

2. Kalender Tagihan

Fungsi kalender tagihan ini adalah mempermudah kamu untuk menyelesaikan kewajiban pembayaran dengan tepat waktu. Seperti tagihan listrik, internet, telepon, PDAM, atau membeli sembako dan barang-barang keperluan rumah tangga.

3. Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Budgeting

Tips mengatur keuangan berikutnya yaitu dengan membatasi nilai maksimum pada setiap budget kebutuhan. Sebagai contoh gunakan harga rata-rata atau biaya yang biasa kamu keluarkan untuk jenis pengeluaran tertentu, lalu buat batas budget maksimal yang dapat digunakan.

4. Bagi Porsi Gaji

Dalam kondisi keuangan saat pandemi ini kita harus pintar-pintar dalam mengelola kuangan ya bun. Ploting dengan baik gaji bulanan yang di dapat seperti menyisihkan setidaknya 30% dari besaran gaji untuk simpanan darurat yang sifatnya tidak boleh disentuh kecuali untuk sesuatu yang mendesak. Kemudian 30-40%nya lagi untuk ditabung.

5. Gunakan Aplikasi Pengatur Keuangan

Bagi kamu yang merasa kesusahan dalam memanagemen keuangan dalam sebuah kertas atau buku maka alangkah baiknya kamu dapat menggunakan aplikasi pengelola keuangan di gadget kamu. Banyak sekali aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store yang bakal membantumu untuk mencatat seluruh pengeluaran dengan detail.

6. Pantau Pengeluaran 

Memantau pengeluaran dapat membantumu melihat pola konsumsi serta mencegah adanya transaksi yang tidak diinginkan. Misalnya setiap 2 minggu sekali atau sebulan sekali pada akir bulan, tergantung kondisi dan kemampuan masing-masing.

7. Cara Mengatur Keuangan dengan Dana Darurat

Dana darurat merupakan simpanan wajib yang pertama kali harus kamu buat karena sifatnya yang universal dan pasti akan berguna untuk semua orang.

Hunian Kita

Wujudkan Impian Jadi Nyata