BerandaDunia IslamRenungan, Inilah Bahaya Istri Durhaka Dan Kufur Terhadap Suami

Renungan, Inilah Bahaya Istri Durhaka Dan Kufur Terhadap Suami

Author

Date

Category

Bicara soal pasangan hidup, setiap laki-laki pasti mendambakan istri atau pasangan terbaik bagi mereka. Dan yang terbaik tidaklah selalu berkaitan dengan fisik atau paras wajah saja. Sebab dibanyak kasus wajah yang rupawan tidak dapat sepenuhnya menjadi daya tarik setelah mengetahui karakter dan kepribadian seorang wanita.

Faktanya, kenyamanan memberi lebih banyak pengaruh dalam komunikasi dan hubungan pasangan suami istri. Terlebih jika pasangan tersebut masih berada pada proses perjuangan hidup. Bersama-sama memperbaiki perekonomian dan berupaya mencari kesempatan dan peluang terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Disinilah, sikap dan peran seorang istri banyak memberi pengaruh pada jiwa perjuangan pasanganya. 

Jangan menjadi istri yang durhaka. Yang dengan kelemahannya justru lebih banyak menuntut pasangan dan memaksakan semua angan-angan dan ambisi hidup mewah tanpa mau mengikuti proses perjuangan bersama. Wanita seperti ini bahkan dikecam dan diancam masuk dalam jajaran orang-orang yang sulit masuk surga.

______________________________ 

Dari Imran bin Husain radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Aku diperlihatkan di surga, Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum fakir. Lalu aku diperlihatkan neraka. Aku melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita.” (HR. Bukhari, no. 3241 dan Muslim, no. 2737)

Adapun sebabnya, Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya tentang hal itu, lalu beliau menjelaskan dalam riwayat ‘Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Aku diperlihatkan neraka. Aku tidak pernah melihat pemandangan seperti hari ini yang sangat mengerikan. Dan aku melihat kebanyakan penghuninya adalah para wanita. Mereka bertanya, ‘Kenapa bisa seperti itu wahai Rasulullah?’ Beliau bersabda, ‘Dikarenakan kekufurannya.’ Lalu ada yang berkata, ‘Apakah karena mereka kufur kepada Allah?’ Beliau menjawab, ‘Mereka kufur terhadap pasangannya, maksudnya adalah mengingkari kebaikannya. Jika engkau berbuat baik kepada istrimu sepanjang tahun, kemudian ia melihat sedikit engkau tidak berbuat baik padanya sekali saja, pasti ia akan mengatakan, ‘Aku tidak melihat kebaikan sedikitpun padamu.” (HR. Bukhari, no. 1052)

Dikisahkan pula, pada suatu hari  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar waktu Idul Adha atau Idul Fitri dan melewati para wanita dan bersabda, “Wahai para wanita, keluarkanlah sedekah karena aku diperlihatkan bahwa kebanyakan penghuni neraka adalah dari kalangan kalian.” Mereka berkata, “Kenapa wahai Rasulullah?” Beliau bersabda, “Kalian sering mengumpat dan mengingkari pemberian suami. Aku tidak melihat (orang) yang kurang akal dan agama dari kalangan kalian yang bisa mengalahkan laki-laki yang cerdas.” Mereka bertanya, “Apa kekurangan agama dan akal kami wahai Rasulullah?”  Beliau menjawab, “Bukankah persaksian seorang wanita itu separuh dari persaksian laki-laki.’ Mereka menjawab, “Iya.” Beliau melanjutkan, “Itu adalah kekurangan akalnya. Bukankah kalau wanita itu haid tidak shalat dan tidak berpuasa.” Mereka menjawab, “Iya.” Beliau mengatakan, “Itu adalah kekurangan agamanya.” (HR. Bukhari, no. 304)

________________________

Peringatan Nabi ini seyogyanya menjadi bahan renungan bagi semua kaum wanita sholihah. Dimana dijelaskan bahwa wanita dengan kekurangan agama dan akal merupakan sebuah renungan   dan bahan perjuangan dari diri intern seorang wanita. Jangan terlarut dalam kekurangan ini, dan justru kabar ini seharusnya menjadi penyamangat dan introspeksi diri agar selalu berbenah dalam memperbaiki sikap, agar tidak terjebak dalam kelemahan dan kekurangan tersebut.

Dari Jabir bin Abdullah ra dhiyallahu ’anhuma berkata, “Aku menyaksikan shalat ‘ied bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau memulai dengan shalat sebelum khutbah tanpa azan dan iqamah. Kemudian berdiri bersandar kepada Bilal dan memerintahkan untuk bertakwa kepada Allah dan menganjurkan kepada ketaatan kepada-Nya dan menasihati manusia serta mengingatkannya. Kemudian beliau berjalan mendatangi para wanita, dan memberikan nasihat kepada mereka dan mengingatkannya. Beliau bersabda, ‘Bersedekahlah para wanita karena kebanyakan dari kalian itu menjadi bara api neraka Jahanam.’ Maka ada wanita bangsawan dan kedua pipinya berwarna (merah) berdiri bertanya, ‘Kenapa wahai Rasulullah?’ Beliau menjawab, ‘Karena kalian seringkali mengadu dan mengufuri pemberian suami.’ Berkata (Jabir), ‘Maka para wanita memulai bersedekah dan melemparkan gelang, giwang, dan cincinnya ke pakaian Bilal.” (HR. Muslim, no. 885)

____________________  

Kufur terhadap suami adalah sebuah kasus yang banyak menimpa kaum wanita. Sekaligus ini menjadi cobaan dan tantangan mereka di dunia. Barang siapa yang dapat menjalani serta menghindari cobaan ini  maka mereka wanita yang akan mendapatkan derajad terbaik di sisi Nya. Sebaliknya, wanita yang tidak mudah bersyukur dan banyak menuntut pada keterbatasan kemampuan suaminya, merekalah sejatinya wanita yang terbalut dengan sifat kekufuran yang terancam dengan neraka, bergabung bersama kebanyakan penghuni neraka di akherat kelak.

Tonton Videonya di Youtube :

Join Menjadi Agen Marketing Property Syariah Kami GRATIS di :
=> https://huniankita.co.id/mitra

Kunjungi Juga Akun Official kami, Agar Anda tidak ketinggalan Seputar Artikel Yang Bermanfaat dan Info Property Syariah Berikutnya :

Website : https://huniankita.co.id
Telegram : https://t.me/huniankita
Instagram : https://instagram.com/huniankita.co.id
Facebook : https://facebook.com/huniankita.co.id
Tiktok : https://tiktok.com/@huniankita.co.id
Youtube : huniankita.co.id/youtube
Twitter : twitter.com/hunian_kita
Linkendin : linkedin.com/in/huniankita

istri durhaka
istri durhaka pada suami
istri durhaka kepada mertua
istri durhaka dalam al quran
istri durhaka sindiran buat istri yang melawan suami
istri durhaka rumaysho
istri durhaka dosa besar istri terhadap suami
istri durhaka itu seperti apa
istri durhaka yang terperangkap bujuk rayu lelaki penipu
istri durhaka minta cerai
istri kufur
istri yang kufur terhadap suami
istri yg kufur terhadap suami
hadist istri kufur terhadap suami
ciri istri kufur terhadap suami
istri yang kufur

 

Recent posts

Recent comments