BerandaDunia IslamRamadhan Saat Yang Tepat Untuk Serius Bertaubat

Ramadhan Saat Yang Tepat Untuk Serius Bertaubat

Author

Date

Category

Ramadhan Saat Yang Tepat Untuk Serius Bertaubat

Bulan suci ramadhan yang kita nantikan sudah didepan mata. Hati dan jiwa yang suci akan terpanggil untuk menyambutnya dengan gembira, bahkan tak sabar ingin merasakan sejuknya nikmat Allah di moment Ramadhan yang dipenuhi keberkahan. Sudah saatnya kita kembali dari hiruk pikuk dan permainan dunia yang melalaikan. Kini saatnya hati ini kembali kepada penghambaan yang sebenarnya pada Nya. 

Bekali diri dengan ilmu, tunjukan bahwa kita serius menyambut ramadhan tahun ini. Sebagai bukti bahwa kita benar-benar bersyukur karena dipertemukan kembali dengan bulan suci Ramadhan. Jangan jadilah diri kita menjadi seorang yang linglung dibulan yang mulia. Beramal karena melihat sekitar, menghindari banyak hal hanya karena kata orang itu dilarang. Berhentilah menjadi orang yang bingung, sudah saatnya menaikan level keilmuan kita, karena fasilitas belajar di zaman yang serba mudah ini amatlah banyak.

Bekal ilmu untuk menyambut dan mengisi ramadhan amatlah prioritas. Agar ibadah kita tidak hanya sekilas atau hanya agar terlihat pantas . ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz berkata,

 “Barangsiapa yang beribadah kepada Allah tanpa ilmu, maka dia akan membuat banyak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan.”  (Al Amru bil Ma’ruf, hal. 15). 

Tidak tahu akan hukum puasa, bisa jadi puasa kita rusak. Tidak tahu apa saja hal-hal yang disunnahkan saat puasa, kita bisa kehilangan pahala yang banyak. Tidak tahu jika maksiat bisa mengurangi pahala puasa, kita bisa jadi hanya dapat lapar dan dahaga saja saat puasa. Tidak tahu pada amaliah yang tidak ada dalilnya, akhirnya yang didapat hanya rasa capek karena tidak menuai pahala. Ingatlah syarat diterimanya ibadah bukan hanya ikhlas. Ibadah bisa diterima jika mengikuti tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, alias ada dalilnya. Namun demikianlah kita kadang beribadah asal-asalan,  asal ngikut yang penting ikhlas, padahal ibadah yang dilakukan tidak ada dalil dan tuntunannya akan sia-sia saja. 

Sudah saatnya kita bertaubat, ramadhan  adalah saat yang tepat.

Inilah yang dianjurkan oleh para ulama kita. Sebelum memasuki bulan Ramadhan, perbanyaklah taubat dan istighfar. Semoga di bulan Ramadhan kita bisa menjadi lebih baik. Kejelekan dahulu hendaklah kita tinggalkan dan ganti dengan kebaikan di bulan Ramadhan. Ingatlah bahwa syarat taubat yang dijelaskan oleh para ulama sebagaimana dinukil oleh Ibnu Katsir rahimahullah, “Menghindari dosa untuk saat ini. Menyesali dosa yang telah lalu. Bertekad tidak melakukannya lagi di masa akan datang. Lalu jika dosa tersebut berkaitan dengan hak sesama manusia, maka ia harus menyelesaikannya/ mengembalikannya.” (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 14:61). 

Inilah yang disebut dengan taubat nashuha, taubat yang tulus dan murni. Semoga Allah menerima taubat-taubat kita disaat kita  memasuki waktu barokah di bulan Ramadhan sehingga kita pun akan mudah melaksanakan kebaikan.

Semoga Allah menjadikan Ramadhan tahun ini sebagai pintu kembali kita pada kebaikan. Kembali dari petualangan buruk yang menjauhkan kita dari sang Kholik selama ini. Ramadhan adalah saat yang tepat untuk serius bertaubat.

Tonton Videonya di Youtube :

Join Menjadi Agen Marketing Property Syariah Kami GRATIS di :
=> https://huniankita.co.id/mitra

Kunjungi Juga Akun Official kami, Agar Anda tidak ketinggalan Seputar Artikel Yang Bermanfaat dan Info Property Syariah Berikutnya :

Website : https://huniankita.co.id
Telegram : https://t.me/huniankita
Instagram : https://instagram.com/huniankita.co.id
Facebook : https://facebook.com/huniankita.co.id
Tiktok : https://tiktok.com/@huniankita.co.id
Youtube : huniankita.co.id/youtube
Twitter : twitter.com/hunian_kita
Linkendin : linkedin.com/in/huniankita

 

Recent posts

Recent comments