BerandaDunia IslamJangan Takut Menikah, Jika Memang Sudah Saatnya

Jangan Takut Menikah, Jika Memang Sudah Saatnya

Author

Date

Category

setiap pemuda memiliki rencana masing-masing dalam menentukan kapan dia akan menikah. Sebagian dari mereka memilih untuk di segerakan, dan sebagian yang lain cenderung menunggu lebih lama dengan berbagai pertimbangan. Ada banyak hal yang cukup penghantui dan menanamkan benih rasa takut, hingga tak jarang menjadikan mereka semakin terlambat dan kurang yakin untuk bergegas duduk dipelaminan.

Jika memang sudah memiliki pekerjaan yang layak. Tidak ada salahnya untuk menseriusi niatan menikah. Apa yang membuatmu merasa hawatir ? apa yang terus menghantuimu hingga terus mengulur waktu untuk segera menikah? Jika kemiskinan adalah hal terburuk yang kamu bayangkan, ingatlah bahwa janji Allah itu pasti, Dia akan mencukupi kita jika kita miskin. Karena kita harus yakin bahwa Allah-lah pemberi rizki setelah kita melakukan usaha

Tidak kah kamu yakin dengan salah satu firman Nya

“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. An Nuur: 32).

Di antara tafsiran ayat tersebut, jika kalian itu miskin maka Allah yang akan mencukupi rizki kalian. Boleh jadi Allah mencukupinya dengan memberi sifat qona’ah (selalu merasa cukup) dan boleh jadi pula Allah mengumpulkan dua rizki sekaligus (Lihat An Nukat wal ‘Uyun). Jika miskin saja, Allah akan cukupi rizkinya, bagaimana lagi jika yang kamu sudah berkecukupan harta, apa yang kamu tunggu ?

Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata,

“Carilah kaya (hidup berkecukupan) dengan menikah.”  (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim mengenai tafsir ayat di atas). Lihatlah pemahaman cemerlang dari seorang Ibnu Mas’ud karena yakin akan janji Allah.

Disebutkan pula dalam hadits bahwa Allah akan senantiasa menolong orang yang ingin menjaga kesucian dirinya memalui menikah. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang tiga golongan yang pasti mendapat pertolongan Allah. Di antaranya,

“… seorang yang menikah karena ingin menjaga kesuciannya.” (HR. An Nasai no. 3218, At Tirmidzi no. 1655. 

Allah itu Maha Pemberi Rizki dan sama sekali tidak terbebani. Seandainya semua makhluk meminta pada Allah, Dia akan memberikan pada mereka dan itu sama sekali tidak akan mengurangi kerajaan-Nya sedikit pun juga. 

Dalam hadits qudsi disebutkan, Allah Ta’ala berfirman,

“Wahai hamba-Ku, seandainya orang-orang yang terdahulu dan orang-orang yang belakangan serta semua jin dan manusia berdiri di atas bukit untuk memohon kepada-Ku, kemudian masing-masing Aku penuhi permintaannya, maka hal itu tidak akan mengurangi kekuasaan yang ada di sisi-Ku, melainkan hanya seperti benang yang menyerap air ketika dimasukkan ke dalam lautan.” (HR. Muslim no. 2577, dari Abu Dzar Al Ghifari). 

Ibnu Hajar Al Asqolani rahimahullah berkata, “Allah sungguh Maha Kaya. Allah yang memegang setiap rizki yang tak terhingga, yakni melebihi apa yang diketahui setiap makhluk-Nya.” (Fathul Bari, 13: 395)

Maka kembali kepada pribadi kita masing-masing. Bukankah hidup sendiri itu tidak lebih nyaman dari berpasangan. Bukankah memiliki keturuan dan menikmati hidup bersama keluarga kecil lebih di idam-idamkan semua orang. Lalu, jika sudah mampu mengapa masih juga menunda-nunda.

Tidak harus menjadi kaya terlebih dulu. Sebab dua takaran rizki ketika disatukan pasti akan cukup untuk menghidupi. Asalkan memang tidak bermalas-malasan, sebab kerja keras dan niat yang baik pasti akan selalu berada dalam karunia Allah. prasangka baik dan qana’ah ketika bersanding bersama iman dan ketakwaan, semua itu akan menjadi bekal untuk berdiri kokoh dalam merintis rumah tangga. 

Yakinkan hatimu, semoga Allah memberi taufik pada mu yang masih ragu untuk menikah agar segera menuju pelaminan. Berusahalah dalam mengais rizki dan tawakkal pada Allah, niscaya akan selalu ada jalan keluar. Buang semua kehawatiran, mulailah temukan calon pendamping yang satu visi misi. Bangun istana kecilmu dan saling percaya satu sama lain.

Tonton Videonya di Youtube :

Join Menjadi Agen Marketing Property Syariah Kami GRATIS di :
=> https://huniankita.co.id/mitra

Kunjungi Juga Akun Official kami, Agar Anda tidak ketinggalan Seputar Artikel Yang Bermanfaat dan Info Property Syariah Berikutnya :

Website : https://huniankita.co.id
Telegram : https://t.me/huniankita
Instagram : https://instagram.com/huniankita.co.id
Facebook : https://facebook.com/huniankita.co.id
Tiktok : https://tiktok.com/@huniankita.co.id
Youtube : huniankita.co.id/youtube
Twitter : twitter.com/hunian_kita
Linkendin : linkedin.com/in/huniankita

 

Recent posts

Recent comments